RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMAN 2 BENGKAYANG
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas I Semester : X / Satu
Pertemuan ke : 1 (satu)
Topik : Virus
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 kali pertemuan)
I. Kompetensi Inti :
1.
Menghayati, Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
II. Kompetensi
Dasar :
1.1.Mengagumi,menjaga, melestarikan keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
3.3. Mendeskripsikan
ciri-ciri,replikasi dan peran virus bagi kehidupan.
4.3 Melakukan observasi untuk mengidentifikasi
objek, permasalahan, produk dan profesi
berbasis biologi dan menyajikan data hasil observasinya dalam bentuk
tabel
III. Indikator
1.
Menunjukkan
sikap mengagumi kompkleksitas ciptaan Tuhan
2.
Mendiskripsikan
ciri –ciri anatomi virus dengan tepat.
3.
Mendiskripsikan
ciri-ciri seseorang yang terinfeksi firus HIV;
4.
Membedakan replikasi
virus litik dengan lisogenik
5.
Menyimpulkan nama
penyakit yang disebabkan oleh virus bila diberikan gejala-gejala penyakit yang
diderita oleh sesorang.
6.
menjelaskan keuntungan
virus bagi manusia.
7.
Melaporkan hasil
observasi dari hasil penelusuran web gambar-gambar sesorang yang terkena
penyakit yang disebabkan oleh virus.
IV.
Tujuan
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran
kontekstual , siswa dapat:
1. Menunjukkan sikap mengagumi kompkleksitas ciptaan
Tuhan
2.
Mendiskripsikan
ciri –ciri anatomi virus dengan tepat.
3.
Mendiskripsikan
ciri-ciri seseorang yang terinfeksi firus HIV;
4. Membedakan replikasi virus
litik dengan lisogenik
5. Menyimpulkan nama
penyakit yang disebabkan oleh virus bila diberikan gejala-gejala penyakit yang
diderita oleh sesorang.
6. menjelaskan keuntungan
virus bagi manusia.
7. Melaporkan hasil observasi dari hasil
penelusuran web gambar-gambar sesorang yang terkena penyakit yang disebabkan
oleh virus.
V. Materi
Pembelajaran :
1.
Mendiskripsikan
ciri –ciri anatomi virus dengan tepat.
2.
Mendiskripsikan
ciri-ciri seseorang yang terinfeksi firus HIV;
3. Membedakan replikasi
virus litik dengan lisogenik
4. Menyimpulkan nama
penyakit yang disebabkan oleh virus bila diberikan gejala-gejala penyakit yang
diderita oleh sesorang.
5. menjelaskan keuntungan
virus bagi manusia.
(terlampir)
VI. Metode Pembelajaran :
Pembelajaran
kontekstual
Pertemuan I : Konstruktivis
Perteman II : Konstruktivis
VII. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan I (2 x 45
menit)
1.
Mendiskripsikan ciri
–ciri anatomi virus dengan tepat.
2.
Mendiskripsikan
ciri-ciri seseorang yang terinfeksi virus HIV;
3. Membedakan replikasi
virus litik dengan lisogenik
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru memotivasi didik
dengan menunjukkan gambar orang yang
terinveksi HIV, gambar morfologi virus, kemudian memberi pertanyaan,
bagaimana orang yg terinveksi HIV, bagaimana gambar virus ?
b.
Peserta didik :Harapan guru memilukan,
sederhana. ‘virus’
c.
Guru menuliskan topik
yang akan dipelajari yaitu ‘ciri-ciri virus struktur virus dan proses
replikasi pada virus’
d.
Guru menyebutkan
indicator keberhaasilan yang harus dicapai dalam belajar
e.
Guru mengekplorasi
pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan apa yang kalian ketahui
tentang virus?’
|
5
menit
|
Inti
|
a.
Guru membagi peserta
didik dalam kelompok (4-5 anggota) dan membagikan LKPD 1
b.
Peserta didik bekerja
dalam kelompok untuk mendiskusikan cirri-ciri virus, struktur virus dan
replikasi pada virus. Petunjuk kegiatna terdapat pada LKPD 1
c.
Guru menugskan
kelompok untuk menyampaikan pembahasan bahan diskusi yang terdapat pada LKPD
1 melalui diskusi kelas/
d.
Peserta didik
melaksanakan diskusi kelas
e.
Guru memberikan
penguatan dari hasil diskusi kelas
f.
Guru membimbing
peserta didik menyusun kesimpulan dari pembelajaran.
|
80
menit
|
Penutup
|
Guru
memberi tugas kepada peserta didik untuk mencari artikel tentang peranan
virus bagi kehidupan
|
5
menit
|
Pertemuan
II
·
Peranan
virus bagi kehidupan
·
Macam-macam
penyakit yang disebabkan oleh virus
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru memotivasi didik
dengan menunjukkan gambar orang yang
terinveksi HIV, gambar morfologi virus, kemudian memberi pertanyaan,
bagaimana orang yg terinveksi HIV, bagaimana gambar virus ?
b.
Peserta didik :Harapan guru memilukan, sederhana. ‘virus’
Guru
menuliskan topik yang akan dipelajari Peranan virus bagi kehidupan
Macam-macam
penyakit yang disebabkan oleh virus
c.
Guru menyebutkan
indicator keberhaasilan yang harus dicapai dalam belajar
d.
Guru mengekplorasi
pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan apa yang kalian ketahui
tentang virus?’
|
5
menit
|
Inti
|
a.
Guru membagi peserta
didik dalam kelompok (4-5 anggota) dan membagikan LKPD 1
b.
Peserta didik bekerja
dalam kelompok untuk mendiskusikan cirri-ciri virus, struktur virus dan
replikasi pada virus. Petunjuk kegiatna terdapat pada LKPD 1
c.
Guru menugskan
kelompok untuk menyampaikan pembahasan bahan diskusi yang terdapat pada LKPD
1 melalui diskusi kelas/
d.
Peserta didik
melaksanakan diskusi kelas
e.
Guru memberikan
penguatan dari hasil diskusi kelas
f.
Guru membimbing
peserta didik menyusun kesimpulan dari pembelajaran.
|
80
menit
|
Penutup
|
Guru
memberi tugas kepada peserta didik untuk mencari artikel tentang peranan
virus bagi kehidupan
|
5
menit
|
Pertemuan II
1. Menyimpulkan nama
penyakit yang disebabkan oleh virus bila diberikan gejala-gejala penyakit yang
diderita oleh sesorang.
2. Menjelaskan keuntungan
virus bagi manusia.
V. Alat (Bahan) /
Sumber Belajar:
Alat/Bahan : Alat
tulis, LCD/OHP, LKPD 1
Sumber Belajar : - Syamsuri, Istamar, dkk. 2004. Biologi
untuk SMA kelas X semester 1. penerbit Erlangga: Jakarta
- Sudjino, dkk. 2005. Biologi SMA kelas X jilid
1a. Penerbit Sunda Kelapa Pustaka: Jakarta
- Sudjadi, Bagod, dkk. 2004. Biologi Sains
dalam Kehidupan kelas 1 SMA semester pertama. Yudistira: Surabaya
- Sri Ngatin Baseri 2007. Biologi 1A, KTSP
Penerbit. MAPAN. Surabaya.
V.
Penilaian
1.
Penilaian proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
-
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2.
Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Mendiskripsikan
ciri ciri anatomi virus
|
Tes
tertulis
|
Isian
|
Diskripsikan ciri ciri anatomi virus !
|
Mendiskripsikan ciri-ciri
seseorang yang terinfeksi firus HIV;
|
Tes
tertulis
|
Isian
|
Diskripsikan ciri-ciri
seseorang yang terinfeksi firus HIV!
|
Membedakan replikasi virus
litik dengan lisogenik
|
Tes
tertulis
|
Isian
|
Bedakan replikasi virus litik
dengan lisogenik!
|
Menyimpulkan nama penyakit yang
disebabkan oleh virus bila diberikan gejala-gejala penyakit yang diderita
oleh sesorang.
|
Tes
tertulis
|
Tertulis
|
Simpulkan
nama penyakit yang disebabkan oleh virus bila diberikan gejala-gejala
penyakit yang diderita oleh sesorang!
|
Menjelaskan keuntungan virus
bagi manusia.
|
Tes
tertulis
|
Isian
|
Jelaskan keuntungan virus bagi
manusia!
|
3.
Penilaian
Keterampilan
Membuat
laporkan hasil observasi dari hasil penelusuran web gambar-gambar sesorang yang
terkena penyakit yang disebabkan oleh virus.
Kediri, Nopember 2013
Mengetahui,
Kepala MAN Kediri II Kota Kediri
Guru Mata Pelajaran
Drs. Ahmad Muslih Bambang Budi P. S.Pd.
NIP. NIP. 196909261996011001
LAMPIRAN
FORMAT
PENGAMATAN
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI
2: Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
No
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tang-gung
jawab
|
Peduli
|
Kerja keras
|
||||||||||
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
||
1.
|
||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||
6.
|
||||||||||||||||
7.
|
||||||||||||||||
8.
|
||||||||||||||||
9.
|
||||||||||||||||
10.
|
||||||||||||||||
...
|
||||||||||||||||
31.
|
||||||||||||||||
32.
|
INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN
2
1.
Jujur
a.
Menyampaikan
sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak
menutupi kesalahan yang terjadi
2.
Disiplin
a.
Selalu hadir di kelas tepat waktu
b.
Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan tepat waktu
c.
Mentaati aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok
3.
Tanggung jawab
a.
Berusaha menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh
b.
Bertanya kepada teman/guru bila menjumpai masalah
c.
Menyelesaikan permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya
d.
Partisipasi
dalam kelompok
4.
Peduli
a.
Menjaga
kebersihan kelas, membantu teman yang membutuhkan
b.
Menunjukkan rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
c.
Mampu memberikan ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
d.
Memberikan
bantuan sesuai dengan kemampuannya
5.
Kerja keras
a.
Mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguh
b.
Menunjukkan sikap pantang menyerah
c.
Berusaha menemukan solusi permasalahan yang diberikan
PEDOMAN PENILAIAN:
a.
Penilaian dilakukan dengan cara membandingkan karakter
siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu tertentu.
b.
Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan
diadakan tindak lanjut.
Lampiran:
Materi Virus
Gb. Seseorang
yang terkena infeksi HIV
Ciri-ciri virus
:
- Ukuran sangat
kecil kecil (20 nm-300nm)
- Struktur sangat
sederhana
- Memiliki materi
genetic berupa AND atau ARN
- Mempunyai
kemampuan memperbanyak diri hanya didalam sel-sel hidup
- Tidak memiliki
organel-organel metabolic (organel sel)
- Tidak memiliki
kemampuan melakukan sintesis protein dan membentuk ATP
- Mempunyai
kemampuaninaktif dengan membentuk kristal
- Terdiri atas
materi genetic berupa DNA atau RNA
- Materi genetic
dilindungi oleh selubung protein yang disebut dengan kapsid yang tersusun
atas kapsomer
- Kapsid bersama
mateir genetic disebut dengan nukleokapsid
- Partikel lengkap
virus disebut dengan virion
- Terdiri atas
materi genetic berupa DNA atau RNA
- Materi genetic
dilindungi oleh selubung protein yang disebut dengan kapsid yang tersusun
atas kapsomer
- Kapsid bersama
mateir genetic disebut dengan nukleokapsid
(ciri anatomi virus : no 1,2,3,5)
Reproduksi Daur hirup virus
1. Tipe litik
a. adsorbsi, yaitu
menempelnya ekor virus pada dinding sel
bakteri pada daerah
reseptor (penerima)
yang khusus
b. injeksi, yaitu
masuknya materi genetik virus ke dalam
sel inang
c. sintesis, yaitu DNA
virus mengadakan replikasi diri menjaid banyak, kemudian
mengadakan
sintesis protein kapsid; terbentuklah DNA virus dan kapsid dalam jumlah
banyak
d. perakitan, yaitu
dimasukannya DNA virus dalam kapsid; terbentuk 100-200 virus baru
e. litik, yaitu sel inang
mengalami lisis atau kejang sehingga virus-virus baru terhambur
2. Tipe lisogenik
a. adsorbsi, yaitu
menempelnya ekor virus pada dinding sel bakteri pada daerah reseptor
(penerima) yang khusus
b.
injeksi, yaitu masuknya
materi genetik virus pada dinding sel bakteri pada daerah reseptor
(penerima) yang khusus
d. pengabungan, yaitu DNA virus menyisip ke dalam DNA
bakteri; DNA virus disebut profage
d. pembelahan, yaitu jika sel bakteri membelah
menjadi 2. DNA virus juga ikut dalam proses pembelahan itu sehingga setiap sel
anak bakteri mengandung profag
e. sintetis, yaitu DNA virus mereplikasi diri dna
mensintesis protein kapsid
f. Perkaitan, yaitu DNA virus masuk ke dalam
kapsid
g. litik, yaitu sel bakteri mengalami lisis
(pecah)
Penyakit
HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah penyakit yang paling ditakuti karena
belum ada vaksin atau obat yang bisa menyembuhkannya. Kenali gejala dari HIV
untuk melakukan deteksi dini.
Virus yang
mematikan ini akan menyerang sistem kekebalan yang membuat tubuh kehilangan
kemampuan untuk melawan penyakit, sehingga tubuh lebih rentan terhadap berbagai
penyakit.
Jika gejala
ini tidak segera diobati, maka bisa menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency
Syndrome) yang merupakan penyakit mematikan. AIDS timbul sebagai dampak
berkembangbiaknya virus HIV di dalam tubuh manusia.
Gejala-gejala
yang muncul dari HIV bisa mempengaruhi seseorang secara bertahap. Setelah virus
memasuki tubuh, maka virus akan berkembang dengan cepat.
Virus ini
akan menyerang limfosit CD4 (sel T) dan menghancurkan sel-sel darah putih
sehingga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Setiap tahapan dari infeksi akan
menunjukkan gejala yang berbeda.
Tahap awal
dari infeksi virus ini biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala
apapun, gejala baru akan muncul setelah dua sampai empat minggu setelah
terinfeksi. Seseorang bisa mengeluh mengalami sakit kepala yang berat dan
persisten disertai dengan demam.
Seperti
dikutip Menshealth.about.com, Kamis (10/6/2010) ketika seseorang terinfeksi
maka gejala awal yang muncul terkadang mirip dengan flu atau infeksi virus
sedang.
Gejala dan
tanda awal dari HIV termasuk demam, sakit kepala, kelelahan, mual, diare dan
pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak atau pangkal paha.
Gejala-gejala
ini hampir sama dengan infeksi virus lainnya. Karena itu banyak orang yang
terinfeksi HIV tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi hingga bertahun-tahun
sehingga mencapai stadium lanjut.
Pusat
pengendalian penyakit (Center for Disease Control/CDC) mengungkapkan ada
beberapa gejala yang menunjukkan stadium lanjut dari HIV yaitu:
1. Kehilangan berat badan dengan cepat tanpa adanya alasan
2. Batuk kering
3. Demam berulang atau berkeringat saat malam hari
4. Kelelahan
5. Diare yang lebih dari seminggu
6. Kehilangan memori
7. Depresi dan juga gangguan saraf lainnya.
Salah satu
cara untuk mendeteksinya adalah dengan mengukur jumlah sel-sel darah putih,
karena biasanya seseorang dengan HIV akan memiliki jumlah sel darah putih yang
kecil.
HIV bukan
merupakan penyakit yang mudah untuk didiagnosis, ada dua hal yang harus
diperhatikan yaitu kenali gejala yang ada dan melakukan pemeriksaan ke dokter.
HIV
disebabkan kebanyakan karena perilaku gonta ganti pasangan seks tanpa
menggunakan kondom atau orang-orang yang memakai narkoba karena gantian
menggunakan jarum suntik.
source: http://health.detik.com/read/2010/06/10/092048/1375333/763/tanda-tanda-orang-terkena-hiv
source: http://health.detik.com/read/2010/06/10/092048/1375333/763/tanda-tanda-orang-terkena-hiv
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK 1
KD
2.1
Virus
merupakan organisme peralihan antara benda mati dengan makhluk hidup. Di saat
lingkungan tidak mendukung, virus dapat melindungi dirinya dengan membentuk
kristal. Kondisi ini menunjukkan tidak adanya tanda kehidupan pada virus,
sehingga seperti benda mati. Bila lingkungan sudah mendukung kembali, maka
virus menunjukkan tanda-tandae kehidupan, misalnya berkembangbiak.
Gambar : anatomi virus
Virus tidak dapat hidup di alam
secara bebas, melainkan harus berada di dalam sel atau jaringan mahkluk hidup
yang lain. Virus harus dibiakkan dalam jaringan hidup. Supaya Anda lebih
memahami tentang cirri-ciri, struktur dan reproduksi virus, kerjakan kegiatan
berikut.
Tujuan
1.
Mendiskripsikan
ciri –ciri anatomi virus dengan tepat.
2.
Mendiskripsikan
ciri-ciri seseorang yang terinfeksi firus HIV;
3. Membedakan replikasi
virus litik dengan lisogenik
4. Menyimpulkan nama
penyakit yang disebabkan oleh virus bila diberikan gejala-gejala penyakit yang
diderita oleh sesorang.
5. menjelaskan keuntungan
virus bagi manusia.
1.
Alat dan bahan
1. Buku biologi kelas X yang relevan
Cara
Kerja
1. Perhatikan gambar di atas dengan baik
2. Bacalah buku kelas X mengenai cirri-ciri,
struktur dan replikasi virus.
Bahan
Diskusi
1. Sebutkan ciri –ciri virus
2. Sebutkan dan jelaskan struktur tubuh virus
3. Di atas telah disampaikan bahwa Virus
merupakan organisme peralihan antara benda mati dengan makluk hidup. Virus juga
bukan sel atau organisme. Bagaimanakah pendapat Anda tentang pernyataan
tersebut? Berikan penjelasan.
4. Mengapa pula virus dapat digolongkan sebagai
benda mati, mengapa pula dapat digolongkan ke dalam makhluk hidup? Berikan
penjelasan.
5. Bagaimanakah cara virus memperbanyak diri?
Jelaskan.
6. Berkaitan dengan soal nomor 5, tahapan daur
hidup virus dibedakan atas tipe litik dan lisogenik. Jelaskan perbedaan ke-2
tahap daur hidup tersebut.
Pertemuan II (2 x 45
menit)
Tujuan
Pembelajaran
Melalui pembelajaran
ini peserta didik dapat:
1. Menyimpulkan nama
penyakit yang disebabkan oleh virus bila diberikan gejala-gejala penyakit yang
diderita oleh sesorang.
2. menjelaskan keuntungan
virus bagi manusia.
Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (5 menit)
·
Guru
memotivasi peserta didik dengan menunjukkan obat influenza dan mengajukan
pertanyaan ‘obat apakah ini?’
·
Peserta
didik: harapan guru, peserta didik menjawab ‘obat flu’
·
Guru
melanjutkan pertanyaan ‘pernahkah kalian sakit flu?’
·
Peserta
didik : harapan guru, peserta didik menjawab ‘pernah’
·
Guru
menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu ‘peranan virus dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Guru
menyebutkan indicator keberhasilan y ang harus dicapai dalam belajar/
·
Guru
mengeksplorasi pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan “Apa yang
kalian ketahui tentang penyakit flu burung?
B. Kegiatan Inti (80 menit)
·
Peserta
didik dikelompokkan menjadi 4-5 orang anggota
·
Guru
membagikan LKPD 2
·
Peserta
didik bekerja dalam kelompok untuk mendiskusikan peranan virus bagi kehidupan,
dan cara menghindari diri dari penyakit yang disebabkan oleh virus. Petunjuk
kegiatna terdapat pada LKPD 2
·
Peserta
didik mengerjakan bahan diskusi LKPD 2 dari berbagai sumber belajar yang dibawa
·
Guru
menugaskan kelompok untuk menyampaikan pembahasan bahan diskusi yang terdapat
pada LKPD 2 melalui diskusi kelas.
·
Peserta
didik melaksanakan diskusi kelas
·
Guru
memberikan penguatan dari hasil diskusi kelas
·
Guru
membimbing peserta didik menyusun kesimpulan dari pembelajaran sebagai berikut.
Deskripsi
Peranan virus bagi kehiduan
Virus yang merugikan:
1. Pada bakteri, disebut bakteriofage
2. Pada tumbuhan, misalnya
- Virus TMV (Tabacco
Mozaik Virus) penyebab mozaik pada daun tembakau
- Virus Tungro: penyebab penyakit kerdil pada padi. Penularan
virus ini dengan perantara wereng coklat dan wereng hijau.
- Virus CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) menyerang
tanaman jeruk
3. Pada Hewan
- Virus NCD (New
Castle Disease) penyebab penyakit tetelo pada ayam dan itik.
4. Pada Manusia
- Virus Hepatitis,
penyebab hepatitis (radang hati), yang paling berbahaya
adalah virus Hepatitis B.
- Virus Rabies
penyebab rabies
- Virus Polio
penyebab polio
- Virus Varila dan
Varicella penyebab cara api dan caar air
- Virus Influenza
penyebab influenza
- Virus Dengue
penyebab demam berdarah
- Virus HIV
penyebab AIDS
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar