RPP BIOLOGI KURIKULUM 2013 MATERI SISTEM EKSKRESI BAB 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP SIKLUS I)
Nama Sekolah             :  SMP N 13 Malang
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA)
Pokok Bahasan           : Sistem Ekskresi
Kelas/semester            : VIII / 2
Alokasi waktu             : 2 jam pelajaran x 40 menit (1x pertemuan)
 



A.    KOMPETENSI INTI

KI 1 :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

B.     Kompetensi dasar
K1
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
1.1                Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem,  dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1          Menerima perbedaan ciri-ciri fisik teman dikelasnya sebagai mahluk ciptaan Tuhan.
1.1.2          Menyadari akan pentingnya keberadaan tumbuhan dalam lingkungan sekitar untuk menyediakan nutrisi yang diperlukan oleh mahluk hidup.
1.1.3          Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1.4          Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan terkait dengan sistem pencernaan makanan.
2
1.2                Menunjukkan     perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cemat;   tekun;   hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
1.2.1            Melakukan pengamatan/percobaan secara jujur.
1.2.2            Melaporkan hasil pengamatan secara teliti.
1.2.3            Menunjukkan perilaku jujur, cermat, tekun, hati-hati, dan tanggung jawab
3
1.3                Menghargai kerja individu dan   kelompok   dalam aktivitas  sehari-hari sebagai wujud       implementasi melaksanakan   percobaan dan   melaporkan   hasil percobaan
1.3.1            Menunjukkan kerjasama dalam kerja kelompok.
4
2.3               Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari.

2.3.1          Menunjukkan perilaku disiplin dan percaya diri dalam aktivitas sehari- hari
5
3.8 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
3.8.1        menjelaskan organ penyusun sistem ekskresi manusia.
3.8.2        menjeleskan fungsi sistem ekskresi.
3.8.3        menjeleskan proses ekresi pada paru-paru mausia.
3.8.4        Menyebutkan organ-organ pernapasan pada manusia.
6
4.8              Melakukan percobaan untuk menemukan zat hasil ekskresi pada paru-paru manusia.
4.8.1        Terampil melakukan penyelidikan zat hasil ekskresi.

C.    Indikator
1.   Siswa mampu menjelaskan organ penyusun sistem ekskresi manusia
2.   Siswa   mampu menjelaskan fungsi sistem ekskresi
3.   Siswa mampu menjelaskan proses ekresi pada paru-paru mausia
4.   Siswa mampu melakukan percobaan untuk menemukan zat hasil ekskresi pada paru-paru manusia
5.   Siswa  mendata contoh kelainan dan penyakit pada system eskresi yang biasa di jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui kegiatan saling mengamati ciri-ciri fisik teman (sesama jenis), peserta didik dapat menerima perbedaan ciri-ciri fisik teman di kelasnya sebagai makhluk ciptaan Tuhan.
2.      Melalui kegiatan membandingkan ciri-ciri fisik yang dimilikinya dengan ciri-ciri fisik teman di kelasnya, peserta didik dapat menerima dengan ikhlas ciri-ciri fisik yang dimiliki sebagai karuni Tuhan.
3.      Melalui kerja kelompok, peserta didik melakukan pengamatan/percobaan secara jujur,
4.      Melalui kerja kelompok, peserta didik melaporkan hasil pengamatan/ percobaan secara teliti.
5.      Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan dalam proses penciptaan organ-organ mengetahui organ penyusun sistem ekskresi manusia serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
6.      Memiliki rasa ingin tahu dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan dan berdiskusi.
7.      siswa mampu menjelaskan fungsi eksresi pada manusia
8.      Siswa dapat siswa dapat mengetahui proses ekskresi pada manusia.
9.      siswa dapat menyebutkan kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi.
10.  Setelah mempelajari materi, siswa mengetahui dan memahami sedikit tentang bagaimana organ penyusun sistem ekskresi manusia Dengan mandiri siswa melakukan penyelidikan ekskresi pada manusia.
11.  Setelah melakukan percobaan, siswa dapat menemukan zat hasil ekskresi pada paru-paru manusia.
E.     Materi Pembelajaran
1.      Sistem ekskresi pada manusia
2.      Kelaianan dan penyakit ekskresi pada manusia
3. Usaha-usaha yang di lakukan untuk menjaga kesehatan organ sistem ekskresi.
F.     Metode dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan                   : Scientific
2.      Metode                         : Diskusi, Tanya jawab, game
3.      Model Pembelajaran     : Reciprocal Learning.

G.    SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Media                     :     white board, powerpoint, video
2.      Alat dan bahan       :     Laptop, proyektor, dan spidol.
3.      Sumber Belajar       :     Buku Paket Biologi kelas VIII
      Media cetak maupun elektronik yang mendukung.











H.    Strategi Pembelajaran

No.
Strategi pembelajaran
Kegiatan
Alokasi waktu
Guru
Siswa
1
Kegioatan Pendahuluan
1.       Memulai pembelajaran dengan salam dan doa.

2.       Guru memeriksa kehadiran siswa dengan absensi kelas

Motivasi
3.       Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
Dengan memberikan pertanyaan “Apakah manusia mengeluarkan zat sisa?” kemudian diikuti pertanyaan lagi “berupa apa saja zat sisa yang dikeluarkan?”
Pengetahuan prasyarat :
Mengetahui bahwa manusia mengeluarkan zat sisa.
Mengetahui zat apa saja yang dikeluarkan oleh tubuh manusia.


1.    Memulai pembelajaran dengan menjawab salam dan doa
2.    Siswamengacungkan tangan dan menjawab absen dengan  jawaban ‘hadir’.


3.    Siswa menjawab pertanyaan dari guru dan mendengarkan penjelasan dari guru.









10 menit









2
Kegiatan inti
1.       Membagi siswa menjadi  5-6 kelompok


2.       Guru  memperkenalkan  model reciprocal  learning  dan game yang  akan  mereka gunakan  dalam  proses  pembelajaran  sehingga  siswa  mengerti  apa  yang akan mereka lakukan dalam pembelajaran tersebut.

3.       Guru membagikan LKS kelompok, sesuai materi masing-masing.
4.       Guru membimbing siswa dalam mengerjakan LKS












5.       Guru memberikan  kesempatan kepada setiap perwakilan kelompok untuk berperan sebagai guru,untuk menjelaskan kembali apa yang sudah mereka rangkum tadi kepada kelompok lain.

6.       Guru akan memberikan game smart cse untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang sudah di bahas tadi.

7.       Guru membacakan pertanyaan prasyararat sebagai kegiatan awal game smart case

8.       Guru memeriksa jawaban dari setiap kelompok, apabila benar maka kelompok tersebut akan mendapatkan kartu undian, dan kartu undian tersebut akan di tukar dengan kartu pintar yang berisi pertanyaan.


9.       Guru memberikan reward berupa bintang bagi kelompok yang menjawab dengan benar pertanyaan yang terdapat didalam kartu pintar tersebut.


10.    Kalau ada waktu tersisa, guru mengulang kembali game smart case tersebut sampai waktu berakhir.
11.    Guru menghitung perolehan bintang yang didapatkan masing-masing kelompok dan menentukan kelompok terbaik pada saat game berlangsung.



12.    Guru mengakhiri games dan memberi penguatan terhadap materi yang belum sempurna dijawab oleh kelompok games dan dilanjutkan dengan posttest.
1. Siswa mengelompokkan diri menjadi beberapa kelompok dengan tidak membedakan teman.
2. Siswa mendengarkan dan memahami penjelasan guru agar saat melakukan kegiatan bias berjalan sesuai degan arahan.



3. Siswa menerima LKS dari guru secara berkelompok.

4.  Siswa berdiskusi sesuai langkah-langkah model reciprocal learning yaitu merangkum materi, membuat pertanyaan sesuai materi yang diringkasnya dan memprediksi suatu permasalahan yang ada pada topik yang ada pada LKS.

5. Setiap kelompok harus siap ditunjuk untuk memperagakan menjadi seorang guru didepan kelompok lain.




6. Siswa mendengarkan arahan dari guru tentang peraturan dalam permainan game smart case.


7. Siswa siswa mendengarkan dengan seksama secara berkelompok.

8. Kelompok merasa cemas, takut akan jawaban yang mereka jawab salah. Mereka berusaha menjawab pertanyaan yang ada di dalam kartu pintar yang mereka dapatkan.


9. Setiap kelompok semakin berusaha untuk menjadi yang terbaik agar bias mendapatkan bintang lebih banyak lagi.
.
10. Siswa mendengar arahan dari guru, dan melakukannya.


11. Siswa yang menang merasa puas karena mendapatkan hadiah dari guru, sedangkan kelompok yang kalah merasa terkalahkan dan ingin rasa mencoba untuk bermain game lagi.

12. Setiap kelompok mendegar pengarahan dari guru dan mencatat kira-kira materi yang belum mereka pahami pada saat pembelajaran berlangsung.

5 menit








100 menit
3
Penutup
1.       Membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang telah disampaikan menggunakan model reciprocal learning dengan game smart case  dengan memberi pertanyaan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan “apakah paru-paru termasuk alat ekskresi? Dan apakah  zat yang dihasilkan dalam proses ekskresi?”


2.       Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerjja dan kerjasama yang baik
3.       Mengakhiri pembelajaran dengan salam
1. Siswa menyimpulkan kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan dengan menjawab pertanyaan dari guru “paru-paru merupakan salah satu organ ekskresi. Dan zat yang dihasilkan paru-paru dalam proses ekskresi berupa CO2 dan berupa uap air”



2. Siswa yang mempunyai kinerja yang baik dalam kelompok  menerima penghargaan dari guru
3. Siswa menjawab salam
10 menit
I.       Peta Konsep



J.      PENILAIAN
Metode dan bentuk instrumen
Metode
Bentuk intrumen
1.      Sikap
Lembar pengamatan sikap
2.      Penilaian kognitif
Tes pilihan ganda dan essay

1.      Penilaian Sikap
Pedoman Observasi Sikap Jujur

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..


NNo.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




5
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




Jumlah Skor




         
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir:
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik   : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup                        : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang           : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33








Pedoman Observasi Sikap Disiplin

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya       = apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak   = apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan

Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..

NNo.
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu


2
Mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Memakai seragam sesuai tata tertib


4
Mengerjakan tugas yang diberikan


5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran


6
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan


7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah



Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


Contoh :
Jawaban YA sebanyak 6, maka diperoleh skor 6, dan skor tertinggi 8 maka skor akhir adalah:























Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..

NNo.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




4
Mengembalikan barang yang dipinjam




5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4 Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :


Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik   : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup                        : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang           : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33













2.      Penilaian Kognitif
Contoh Instrumen Penilaian
1.      Penilaian aspek kognitif
Teknik penilaian
Bentuk Instrumen
Soal
Tes tertulis
Tes Pilihan ganda












Essay
1. Berikut ini adalah alat ekskresi, kecuali:
a. ginjal
b. kulit
c. hati
d. usus besar
2.       Berikut ini yang termasuk hasil ekskresi yang dikeluarakan oleh paru-paru adalah…
a. O2
b. garam
c. uap air
d. CO

1.       Apa yang dimaksud dengan sisitem ekskresi?
2.       Sebut dan jelaskan satu contoh kelinan pada sisitem ekskresi manusia!
3.       Mengapa paru-paru disebut sebagai alat ekskresi?


Teknik penilaian
Bentuk Instrumen
Kunci jawaban
Tes tertulis
Tes Pilihan ganda

Essay
1.      Jawaban: D
2.      Jawaban: C

1.       Proses pengeluaran zat-zat sisa dalam tubuh
2.       Nefrosis adalah kondisi di mana membran glomerulus
bocor, meyebabkan sejumlah besar protein keluar dari
darah menuju urin. Air dan natrium berakumulasi dalam
tubuh menyebabkan edem, khususnya di bagian
pergelangan kaki, kaki, perut, dan mata. Nefrosis umumnyaterjadi pada anak-anak.
3.       Paru-paru termasuk organ pengeluaran karena udara
pernapasan yang dikeluarkan mengandung karbondioksida
dan air yang dihasilkan dari kegiatan sel. Keluarnya air bisa
dilihat ketika kamu bernapas dalam udara dingin berupa kabut.

Skor =  

3.      Penilaian aspek afektif
No
Nama siswa
Bersegera membuka buku pelajaran.
Bersemangat belajar dan meyimak apa yang disampaikan oleh guru.
 Bersegera menyiapkan alat-alat percobaan.
Kerjasama dalam melakukan eksperimen untuk mengamati hasil ekskresi pada paru-paru
Kebersihan dalam melakukan perconbaan ekskrsi pada paru-paru
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1





















2





















3





















4






















 

4.      Penilaian aspek psikomotorik
No
Nama siswa

Menyiapkan alat-alat percobaan yang diperlukan.
Merakit alat percobaan
Mengamati percobaan yang dilakukan
Menyimpulka hasil percobaan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1

















2

















3

















4


















 

4 komentar:

  1. ngapunten bapak....rppnya saya jadikan referensi untuk menyusun rpp ...nuwun

    BalasHapus
  2. Terimakasih ya Pak referensi RPPnya, sangat membantu

    BalasHapus
  3. Iya. Sama-sama bu. Jgn lupa cantumkan nama saya di referensinyanya ya....

    BalasHapus
  4. Udah ada yg dalam bentuk file belum

    BalasHapus

PEMANFAATAN BUAH TENGKAWANG DI DESA SAHAN DUSUN MELAYANG

Desa sahan merupakan salah satu diantara 122 desa yang ada di kabupaten Bengkayang. Desa sahan dikenal dengan kayanya potensi wisata al...