RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
SIKLUS I)
Nama
Sekolah : SMP N 13 Malang
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA)
Pokok
Bahasan : Sistem Ekskresi
Kelas/semester : VIII / 2
Alokasi
waktu : 2 jam pelajaran x 40
menit (1x pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain
yang sama dalam sudut pandang atau teori.
B.
Kompetensi dasar
K1
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1
Menerima perbedaan
ciri-ciri fisik teman dikelasnya sebagai mahluk ciptaan Tuhan.
1.1.2
Menyadari akan pentingnya
keberadaan tumbuhan dalam lingkungan sekitar untuk menyediakan nutrisi yang
diperlukan oleh mahluk hidup.
1.1.3
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1.4
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan terkait dengan sistem pencernaan
makanan.
|
2
|
1.2
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; obyektif; jujur; teliti; cemat;
tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari.
|
1.2.1
Melakukan pengamatan/percobaan secara
jujur.
1.2.2
Melaporkan hasil pengamatan secara
teliti.
1.2.3
Menunjukkan perilaku jujur, cermat,
tekun, hati-hati, dan tanggung jawab
|
3
|
1.3
Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
1.3.1
Menunjukkan kerjasama dalam kerja
kelompok.
|
4
|
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung
jawab dalam aktivitas sehari-hari.
|
2.3.1
Menunjukkan perilaku disiplin dan
percaya diri dalam aktivitas sehari- hari
|
5
|
3.8
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan.
|
3.8.1
menjelaskan organ penyusun
sistem ekskresi manusia.
3.8.2
menjeleskan fungsi sistem ekskresi.
3.8.3
menjeleskan proses
ekresi pada paru-paru mausia.
3.8.4
Menyebutkan organ-organ
pernapasan pada manusia.
|
6
|
4.8
Melakukan percobaan untuk menemukan zat hasil ekskresi pada paru-paru
manusia.
|
4.8.1
Terampil melakukan penyelidikan zat hasil
ekskresi.
|
C.
Indikator
1.
Siswa mampu menjelaskan
organ penyusun sistem ekskresi manusia
2. Siswa mampu menjelaskan fungsi sistem ekskresi
3. Siswa
mampu menjelaskan proses ekresi pada paru-paru
mausia
4.
Siswa
mampu melakukan percobaan untuk menemukan zat hasil ekskresi pada paru-paru
manusia
5.
Siswa mendata
contoh kelainan dan penyakit pada system eskresi yang biasa di jumpai dalam
kehidupan sehari-hari.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui kegiatan saling mengamati
ciri-ciri fisik teman (sesama jenis), peserta didik dapat menerima perbedaan
ciri-ciri fisik teman di kelasnya sebagai makhluk ciptaan Tuhan.
2.
Melalui kegiatan membandingkan
ciri-ciri fisik yang dimilikinya dengan ciri-ciri fisik teman di kelasnya,
peserta didik dapat menerima dengan ikhlas ciri-ciri fisik yang dimiliki
sebagai karuni Tuhan.
3.
Melalui kerja kelompok, peserta didik
melakukan pengamatan/percobaan secara jujur,
4.
Melalui kerja kelompok,
peserta didik melaporkan hasil pengamatan/ percobaan secara teliti.
5.
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
dalam proses penciptaan organ-organ mengetahui
organ penyusun sistem ekskresi manusia serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya.
6.
Memiliki rasa
ingin tahu dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan pengamatan dan berdiskusi.
7.
siswa mampu menjelaskan
fungsi eksresi pada manusia
8.
Siswa dapat siswa dapat mengetahui proses ekskresi pada manusia.
9.
siswa dapat menyebutkan kelainan
dan penyakit pada sistem ekskresi.
10. Setelah mempelajari materi, siswa mengetahui dan memahami sedikit
tentang bagaimana organ penyusun sistem ekskresi
manusia Dengan mandiri siswa melakukan penyelidikan ekskresi pada manusia.
11. Setelah melakukan percobaan, siswa dapat menemukan zat hasil ekskresi pada
paru-paru manusia.
E.
Materi
Pembelajaran
1. Sistem
ekskresi pada manusia
2. Kelaianan dan penyakit
ekskresi pada manusia
3.
Usaha-usaha yang di lakukan untuk menjaga kesehatan organ sistem ekskresi.
F.
Metode
dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Scientific
2. Metode :
Diskusi, Tanya jawab, game
3. Model
Pembelajaran : Reciprocal Learning.
G.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media : white board, powerpoint, video
2.
Alat dan bahan : Laptop,
proyektor, dan spidol.
3.
Sumber Belajar : Buku
Paket Biologi kelas VIII
Media cetak maupun
elektronik yang mendukung.
H.
Strategi
Pembelajaran
No.
|
Strategi
pembelajaran
|
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
1
|
Kegioatan Pendahuluan
|
1.
Memulai
pembelajaran dengan salam dan doa.
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa dengan absensi
kelas
Motivasi
3.
Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
Dengan
memberikan pertanyaan “Apakah manusia mengeluarkan zat sisa?” kemudian
diikuti pertanyaan lagi “berupa apa saja zat sisa yang dikeluarkan?”
Pengetahuan prasyarat :
Mengetahui bahwa manusia
mengeluarkan zat sisa.
Mengetahui zat apa
saja yang dikeluarkan oleh tubuh manusia.
|
1.
Memulai
pembelajaran dengan menjawab salam dan doa
2.
Siswamengacungkan tangan dan menjawab absen
dengan jawaban ‘hadir’.
3.
Siswa menjawab pertanyaan dari guru dan
mendengarkan penjelasan dari guru.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti
|
1.
Membagi siswa menjadi 5-6 kelompok
2.
Guru
memperkenalkan model
reciprocal learning dan game yang akan
mereka gunakan dalam proses
pembelajaran sehingga siswa
mengerti apa yang akan mereka lakukan dalam pembelajaran
tersebut.
3. Guru
membagikan LKS kelompok, sesuai materi masing-masing.
4. Guru
membimbing siswa dalam mengerjakan LKS
5. Guru
memberikan kesempatan kepada setiap
perwakilan kelompok untuk berperan sebagai guru,untuk menjelaskan kembali apa
yang sudah mereka rangkum tadi kepada kelompok lain.
6. Guru
akan memberikan game smart cse untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa
terhadap materi yang sudah di bahas tadi.
7. Guru
membacakan pertanyaan prasyararat sebagai kegiatan awal game smart case
8. Guru
memeriksa jawaban dari setiap kelompok, apabila benar maka kelompok tersebut
akan mendapatkan kartu undian, dan kartu undian tersebut akan di tukar dengan
kartu pintar yang berisi pertanyaan.
9. Guru
memberikan reward berupa bintang bagi kelompok yang menjawab dengan benar
pertanyaan yang terdapat didalam kartu pintar tersebut.
10. Kalau
ada waktu tersisa, guru mengulang kembali game smart case tersebut sampai
waktu berakhir.
11. Guru
menghitung perolehan bintang yang didapatkan masing-masing kelompok dan menentukan
kelompok terbaik pada saat game berlangsung.
12. Guru
mengakhiri games dan memberi penguatan terhadap materi yang belum sempurna
dijawab oleh kelompok games dan dilanjutkan dengan posttest.
|
1. Siswa
mengelompokkan diri menjadi beberapa kelompok dengan tidak membedakan teman.
2. Siswa
mendengarkan dan memahami penjelasan guru agar saat melakukan kegiatan bias
berjalan sesuai degan arahan.
3. Siswa
menerima LKS dari guru secara berkelompok.
4. Siswa berdiskusi
sesuai langkah-langkah model reciprocal learning yaitu merangkum materi,
membuat pertanyaan sesuai materi yang diringkasnya dan memprediksi suatu
permasalahan yang ada pada topik yang ada pada LKS.
5. Setiap
kelompok harus siap ditunjuk untuk memperagakan menjadi seorang guru didepan
kelompok lain.
6. Siswa
mendengarkan arahan dari guru tentang peraturan dalam permainan game smart
case.
7. Siswa
siswa mendengarkan dengan seksama secara berkelompok.
8. Kelompok
merasa cemas, takut akan jawaban yang mereka jawab salah. Mereka berusaha
menjawab pertanyaan yang ada di dalam kartu pintar yang mereka dapatkan.
9. Setiap
kelompok semakin berusaha untuk menjadi yang terbaik agar bias mendapatkan
bintang lebih banyak lagi.
.
10. Siswa
mendengar arahan dari guru, dan melakukannya.
11. Siswa
yang menang merasa puas karena mendapatkan hadiah dari guru, sedangkan
kelompok yang kalah merasa terkalahkan dan ingin rasa mencoba untuk bermain
game lagi.
12. Setiap
kelompok mendegar pengarahan dari guru dan mencatat kira-kira materi yang
belum mereka pahami pada saat pembelajaran berlangsung.
|
5
menit
100
menit
|
3
|
Penutup
|
1. Membimbing
siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang telah disampaikan menggunakan
model reciprocal learning dengan game smart case dengan memberi pertanyaan kepada siswa untuk
menjawab pertanyaan “apakah paru-paru termasuk alat ekskresi? Dan apakah zat yang dihasilkan dalam proses ekskresi?”
2. Guru
memberi penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerjja dan kerjasama yang
baik
3. Mengakhiri
pembelajaran dengan salam
|
1. Siswa
menyimpulkan kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan dengan menjawab
pertanyaan dari guru “paru-paru merupakan salah satu organ ekskresi. Dan zat yang
dihasilkan paru-paru dalam proses ekskresi berupa CO2 dan berupa
uap air”
2. Siswa yang mempunyai
kinerja yang baik dalam kelompok
menerima penghargaan dari guru
3. Siswa
menjawab salam
|
10
menit
|
I. Peta Konsep
J.
PENILAIAN
Metode
dan bentuk instrumen
Metode
|
Bentuk intrumen
|
1.
Sikap
|
Lembar
pengamatan sikap
|
2.
Penilaian
kognitif
|
Tes
pilihan ganda dan essay
|
1.
Penilaian Sikap
Pedoman Observasi Sikap Jujur
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
NNo.
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
2
|
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain
tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
5
|
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor
akhir:
Sesuai
Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor :
3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila
memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1,33 < skor
≤ 2,33
Kurang : apabila
memperoleh skor : skor ≤ 1,33
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta
didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap
disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya =
apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak = apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek
pengamatan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
NNo.
|
Sikap yang diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
|
|
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
|
|
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
6
|
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
|
|
|
7
|
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
|
|
|
8
|
Membawa buku teks mata pelajaran
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Jawaban YA sebanyak 6, maka diperoleh skor 6, dan skor tertinggi 8
maka skor akhir adalah:
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta
didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap
tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
NNo.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
5
|
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4 Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor
akhir :
Sesuai
Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor :
3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila
memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1,33 < skor
≤ 2,33
Kurang : apabila
memperoleh skor : skor ≤ 1,33
2. Penilaian Kognitif
Contoh Instrumen
Penilaian
1. Penilaian
aspek kognitif
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Soal
|
Tes tertulis
|
Tes Pilihan ganda
Essay
|
1.
Berikut ini adalah alat ekskresi, kecuali:
a. ginjal
b. kulit
c. hati
d. usus besar
2.
Berikut ini yang
termasuk hasil ekskresi yang dikeluarakan oleh paru-paru adalah…
a. O2
b. garam
c. uap air
d. CO
1.
Apa yang dimaksud
dengan sisitem ekskresi?
2.
Sebut dan jelaskan
satu contoh kelinan pada sisitem ekskresi manusia!
3.
Mengapa paru-paru
disebut sebagai alat ekskresi?
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Kunci
jawaban
|
Tes tertulis
|
Tes Pilihan ganda
Essay
|
1.
Jawaban: D
2.
Jawaban: C
1.
Proses pengeluaran
zat-zat sisa dalam tubuh
2.
Nefrosis adalah kondisi di mana
membran glomerulus
bocor, meyebabkan
sejumlah besar protein keluar dari
darah menuju urin. Air
dan natrium berakumulasi dalam
tubuh menyebabkan edem,
khususnya di bagian
pergelangan kaki, kaki,
perut, dan mata. Nefrosis umumnyaterjadi pada anak-anak.
3.
Paru-paru termasuk
organ pengeluaran karena udara
pernapasan yang
dikeluarkan mengandung karbondioksida
dan air yang dihasilkan
dari kegiatan sel. Keluarnya air bisa
dilihat ketika kamu
bernapas dalam udara dingin berupa kabut.
|
Skor =
3. Penilaian
aspek afektif
No
|
Nama siswa
|
Bersegera membuka buku pelajaran.
|
Bersemangat belajar dan meyimak apa yang disampaikan oleh
guru.
|
Bersegera menyiapkan
alat-alat percobaan.
|
Kerjasama dalam melakukan eksperimen untuk mengamati hasil
ekskresi pada paru-paru
|
Kebersihan dalam melakukan perconbaan ekskrsi pada paru-paru
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Penilaian
aspek psikomotorik
No
|
Nama siswa
|
Menyiapkan alat-alat percobaan yang diperlukan.
|
Merakit alat percobaan
|
Mengamati percobaan yang dilakukan
|
Menyimpulka hasil percobaan
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ngapunten bapak....rppnya saya jadikan referensi untuk menyusun rpp ...nuwun
BalasHapusTerimakasih ya Pak referensi RPPnya, sangat membantu
BalasHapusIya. Sama-sama bu. Jgn lupa cantumkan nama saya di referensinyanya ya....
BalasHapusUdah ada yg dalam bentuk file belum
BalasHapus