PEDOMAN penilaian Program praktek keguruan (ppk) Ikip budi utomo malang












  


PEDOMAN penilaian
Program praktek keguruan (ppk)
Ikip budi utomo malang

A.   Prosedur Penilaian
1.   Penilaian selama Proses
Dalam setiap tahap praktek diadakan penilaian selama proses dengan observasi sebagai teknik utama. Hasil penilaian selama proses ini dikomunikasikan langsung kepada Praktikan (memberi nilai langsung untuk setiap aspek) untuk memperbaiki kinerja berikutnya. Penilaian dilakukan oleh Guru Pamong atau bersama-sama dengan Dosen Pembimbing PPK, dengan memanfaatkan pendekatan supervisi klinis.

2.   Penilaian Akhir
Penilaian akhir dilakukan oleh Penguji PPK pada akhir pelaksanaan PPK, dengan menggunakan instrumen penilaian untuk ujian PPK.

B.   Aspek yang Dinilai dan Pembobotannya
Nilai PPK diperoleh dari kegiatan harian (penilaian selama proses) dan kegiatan ujian (penilaian akhir) dengan pembobotan untuk masing-masing kemampuan diatur seperti berikut ini.

1.   Kegiatan Harian
Kemampuan Praktikan yang dinilai dalam kegiatan harian meliputi: (1) kegiatan pembelajaran (RPP dan penampilan), (2) sosial pribadi, (3) tugas kependidikan di luar mengajar, dan (4) laporan PPK. Mengenai kegiatan pembelajaran diambil nilai praktek terakhir (sebagai profil kemampuan) yang diperoleh praktikan bersangkutan, baik untuk rencana pelaksanaan pembelajaran maupun untuk penampilan mengajar.

NILAI PROFIL KEGIATAN HARIAN

ASPEK YANG DINILAI
NILAI
(N)
BOBOT
(B)
N x B
1.      RPP (nilai Profil terakhir)

3

2.      Penampilan mengajar (nilai profil terakhir)

4

3.      Sosial pribadi

2

4.      Tugas kependidikan di luar mengajar

1


                                                         ∑ (N x B)          
Jadi, nilai akhir kegiatan harian = ---------  = ............, yang selanjutnya disebut nilai profil
                                                               10                                               
(P).

2.   Laporan Individual
3.   Kegiatan Ujian
Ujian PPK hanya berkaitan dengan kegiatan pembelajaran (rencana pelaksanaan pembel-ajaran dan penampilan). Nilai ujian dihitung dengan cara seperti di bawah ini.


Penguji
Aspek yang Dinilai
Bobot
Nilai Penguji
(2R + 3T)
          ---------
  5
RPP
(R)
Penampilan
(T)

(R)

(T)
Guru Pamong


2
3

Dosen Pembimbing


2
3




2
3


                                    ∑  Nilai Penguji 
Jadi, nilai ujian   =   −−−−−−−−−−−−−,  yang selanjutnya disebut (U).
                                         ∑  Penguji        



4.   Nilai Akhir (NA)
Nilai akhir PPK merupakan akumulasi dari nilai profil kegiatan harian (P), laporan (L) dan nilai ujian (U) dengan pembobotan sebagai berikut.
•   Nilai Profil kegiatan harian (P) diberi bobot         (5)
•   Nilai laporan individual  (L) diberi bobot                         (2)
•   Nilai ujian (U) diberi bobot                                   (3)

5P + 2L + 3U
Jadi, rumus nilai akhir (NA) PPK è NA =    ────────
                                                                                  10
Nilai akhir PPK merupakan gambaran taraf penguasaan kemampuan PPK mahasiswa yang dinyatakan dalam bentuk angka (skala 0-4). Sesuai dengan ketentuan sistem penilaian di IKIP Budi Utomo Malang, maka nilai PPK yang dinyatakan dalam bentuk angka harus dikonversi ke dalam bentuk huruf (A-B-C-D-E). Nilai minimal kelulusan PPK adalah B.

5.   Konversi Nilai
Konversi nilai untuk mata kuliah PPK adalah sebagai berikut.

SKOR
NILAI
3,5   -   4,0
2,5   -   3,4
1,5   -   2,4
Kurang dari  1,5
A
B
C
E







  


     F-01
 
INSTRUMEN PENILAIAN RPp
Program Praktek Keguruan (ppk)
Ikip budi Utomo malang
 (Skala Nilai  0–4)

NAMA MAHASISWA         : LAZARUS
N P M                              : 2111000220077   
JURUSAN/prog.studi   : PENDIDIKAN BIOLOGI
No
Aspek yang Dinilai
Nilai profil
1
Rumusan Tujuan Pembelajaran (Umum)
a.  Rumusan tujuan menggambarkan pencapaian standar kompetensi/kompetensi dasar
b.  Rumusan tujuan menggambarkan pencapaian aspek kognitif
c.   Rumusan tujuan menggambarkan pencapaian aspek afektif
d.  Rumusan tujuan menggambarkan pencapaian aspek psikomotor





2
Penjabaran Indikator (Kriteria Kinerja)
a.  Indikator dirumuskan berdasarkan aspek kompetensi (kognitif, psikomotor, afektif)
b.  Indikator dirumuskan menggunakan kata operasional (dapat diukur berupa hasil)
c.   Indikator dirumuskan menggambarkan pencapaian sasaran aspek kompetensi
d.  Indikator dirumuskan relevan dengan sasaran standar kompetensi





3
Materi Pembelajaran
a.  Materi ajar disusun mengacu kepada indikator
b.  Materi ajar disusun secara sistematis
c.   Materi ajar disusun sesuai dengan pencapaian kompetensi
d.  Materi ajar dirancang proporsional untuk satu standar kompetensi/kompetensi dasar





4
Langkah-langkah Pembelajaran (Skenario)
a.   Skenario disusun untuk setiap indikator
b.   Skenario disusun mencerminkan komunikasi guru-siswa yang berorientasi berpusat pada siswa
c.   Skenario disusun menyiratkan dan/atau menyuratkan penerapan metode dan media pembelajaran
d.   Skenario disusun berdasarkan alokasi waktu yang proporsional





5
Media Pembelajaran
a.   Media disesuaikan dengan tuntutan standar kompetensi
b.   Media disesuaikan relevan dengan sasaran indikator
c.   Media disesuaikan dengan kondisi kelas
d.   Media disiapkan untuk mendukung perkembangan potensi siswa





6
Evaluasi
a.  Mencantumkan bentuk dan jenis evaluasi
b.  Butir soal relevan dengan indikator
c.   Butir soal menggambarkan tuntutan standar kompetensi
d.  Butir soal sesuai dengan tuntutan waktu secara proporsional






Jumlah Nilai Aspek





Nilai RPP (R)





                                                                                   
                                                                                    Guru Pamong,           
                                                                       


                                                                                    Rini Dwi Susiwi, S.Pd
NIP. 19610803 198203 2 008

F-02
 
INSTRUMEN PENILAIAN PENAMPILAN MENGAJAR
PROGRAM PRAKTEK KEGURUAN (PPK)
IKIP BUDI UTOMO MALANG
 (Skala Nilai  0–4)

NAMA MAHASISWA        : LAZARUS
N p M                              : 2111000220077
JURUSAN/prog. studi  : PENDIDIKAN BIOLOGI

No
Aspek yang dinilai
NILAI
PROFIL
1
Kemampuan Membuka Pelajaran
a.   Menarik perhatian siswa
b.  Memotivasi siswa
c.   Membuat kaitan materi ajar sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
d.  Memberi acuan materi ajar yang akan diajarkan





2
Sikap Praktikan dalam Proses Pembelajaran
a.   Kejelasan suara dalam komunikasi dengan siswa
b.  Tidak melakukan gerakan dan/atau ungkapan yang mengganggu perhatian siswa
c.   Antusiasme mimik dalam penampilan
d.  Mobilitas posisi tempat dalam kelas/ruang praktik





3
Penguasaan Materi Pembelajaran
a.   Kejelasan memposisikan materi ajar yang disampaikan dengan materi lainnya yang terkait
b.   Kejelasan menerangkan berdasarkan tuntutan aspek kompetensi (kognitif, psikomotor, afektif)
c.   Kejelasan dalam memberikan contoh/ilustrasi sesuai dengan tuntutan aspek kompetensi
d.  Mencerminkan penguasaan materi ajar secara proporsional





4
Implementasi Langkah-langkah Pembelajaran (Skenario)
a.   Penyajian materi ajar sesuai dengan langkah-langkah yang tertuang dalam RPP
b.  Proses pembelajaran mencerminkan komunikasi guru-siswa, dengan berpusat pada siswa
c.   Antusias dalam menanggapi dan menggunakan respons dari siswa
d.  Cermat dalam memanfaatkan waktu, sesuai dengan alokasi yang direncanakan





5
Penggunaan Media Pembelajaran
a.   Memperhatikan prinsip penggunaan jenis media
b.  Tepat saat penggunaan
c.   Terampil dalam mengoperasikan
d.  Membantu kelancaran proses pembelajaran





6
Evaluasi
a.   Melakukan evaluasi berdasarkan tuntutan aspek kompetensi
b.  Melakukan evaluasi sesuai dengan butir soal yang telah direncanakan dalam RPP
c.   Melakukan evaluasi sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
d.  Melakukan evaluasi sesuai dengan bentuk dan jenis yang dirancang





7
Kemampuan Menutup Pelajaran
a.   Meninjau kembali/menyimpulkan materi kompetensi yang diajarkan
b.  Memberi kesempatan bertanya
c.   Menugaskan kegiatan ko-kurikuler
d.  Menginformasikan materi ajar berikutnya






Jumlah Nilai Aspek





Nilai Penampilan (T)





                                                                                                                       
Malang. 20 Desember 2014
                                                                                    Guru Pamong,


                                                                                   
                                                                                               
                                                                                    Rini Dwi Susiwi, S.Pd
                                                                                    NIP. 19610803 198203 2 008


                                                                                   















































F-03
 
FORMAT PENILAIAN SOSIAL RIBADI
PROGRAM PRAKTEK KEGURUAN (PPK)
(Skala Nilai  0–4)

No
Aspek yang Dinilai
Nilai
Keterangan
1
Kepemimpinan

Di dalam/di luar kelas
2
Tanggung jawab

Terhadap tugas dari Guru Pamong PPK
3
Stabilitas emosi

Pada saat penampilan di kelas/di luar kelas
4
Sosialisasi

Di dalam/di luar kelas
5
Disiplin

Terhadap aturan yang berlaku dalam PPK
6
Sikap

Di dalam/di luar kelas
7
Cara berbusana

Di dalam/di luar kelas
∑ Nilai Aspek



                                       ∑ Nilai Aspek
Nilai Sosial Pribadi     ────────    ...........
                                                  7

                                                                                    Malang, 20 Desember 2014
                                                                                    Guru Pamong,




Rini Dwi Susiwi, S.Pd
NIP. 19610803 198203 2 008


                                                                                   































F-04
 
FORMAT PENILAIAN
PELAKSANAAN TUGAS selain MENGAJAR
(Skala Nilai  0–4)

no
Aspek yang dinilai
nilai
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Upacara Bendera
Piket
Layanan Perpustakaan
Bimbingan OSIS
Bimbingan Olahraga
Bimbingan Kesenian
Bimbingan PMR
Bimbingan & Konseling
…………………………..
……………………………..
…….
…….
…….
…….
…….
…….
……..
……..
……..
…….
§ Kegiatan aspek nomor 1 (satu) dan nomor 2 (dua) harus dilaksanakan oleh seluruh praktikan

§ Kegiatan aspek nomor 3 (tiga) sampai dengan aspek nomor 8 (delapan) dapat dipilih oleh praktikan minimal 3 (tiga ) kegiatan

∑ Nilai Aspek
……..



                                                           ∑ Nilai Aspek
Nilai diluar mengajar      ─────────────────    ...........
                                            ∑ Kegiatan yang dilaksanakan

Malang, 20 Desember 2014
                                                                                    Guru Pamong,




Rini Dwi Susiwi, S.Pd
NIP. 19610803 198203 2 008





























F-05
 
FORMAT PENILAIAN LAPORAN INDIVIDUAL PPK
(Skala Nilai  0–4)

No
Aspek yang Dinilai
Nilai (N)
Bobot (B)
N x B
1
Teknik Penulisan

1

2
Penggunaan Bahasa

2

3
Isi (Lampiran-lampiran)

3


∑  Bobot =  6
∑ N x B =  .........

                                                 ∑ (N x B)
Nilai Laporan Individual     ▬▬▬▬    ...........
                                                         6

                                                                        Malang, 20 Desember 2014
                                                                                                Guru Pamong,




Rini Dwi Susiwi, S.Pd
NIP. 19610803 198203 2 008



                                                                       


































F-06a
 
INSTRUMEN PENILAIAN UJIAN PPK
IKIP BUDI UTOMO maLANAG
 (Skala Nilai  0–4)

NAMA MAHASISWA        : LAZARUS
N P M                              : 2111000220077
JURUSAN/PROG. STUDI  : PENDIDIKAN BIOLOGI
No
RPP
NILAI
1
Rumusan Tujuan Pembelajaran (Umum)
a.   Rumusan tujuan menggambarkan pencapaian standar kompetensi/kompetensi dasar
b.   Rumusan tujuan menggambarkan pencapaian aspek kognitif
c.   Rumusan tujuan menggambarkan pencapaian aspek afektif
d.   Rumusan tujuan menggambarkan pencapaian aspek psikomotor

2
Penjabaran Indikator (Kriteria Kinerja)
a.   Indikator dirumuskan berdasarkan aspek kompetensi (kognitif, psikomotor, afektif)
b.   Indikator dirumuskan menggunakan kata operasional (dapat diukur berupa hasil)
c.   Indikator dirumuskan menggambarkan pencapaian sasaran aspek kompetensi
d.   Indikator dirumuskan relevan dengan sasaran standar kompetensi

3
Materi  Pembelajaran
a.   Materi ajar disusun mengacu kepada indikator
b.   Materi ajar disusun secara sistematis
c.   Materi ajar disusun sesuai dengan pencapaian standar kompetensi
d.   Materi ajar dirancang proporsional untuk satu  standar kompetensi/kompetensi dasar

4
Langkah-langkah Pembelajaran (Skenario)
a.   Skenario disusun untuk setiap indikator
b.   Skenario disusun mencerminkan komunikasi guru-siswa yang berorientasi (berpusat) pada siswa
c.   Skenario disusun menyiratkan dan/atau menyuratkan penerapan metode dan media pembelajaran
d.   Skenario disusun berdasarkan alokasi waktu yang proporsional

5
Media Pembelajaran
a.   Media disesuaikan dengan tuntutan standar kompetensi
b.   Media disesuaikan relevan dengan sasaran indikator
c.   Media disesuaikan dengan kondisi kelas
d.   Media disiapkan untuk mendukung perkembangan potensi siswa

6
Evaluasi
a.   Mencantumkan bentuk dan jenis evaluasi
b.   Butir soal relevan dengan indikator
c.   Butir soal menggambarkan tuntutan standar kompetensi
d.   Butir soal sesuai dengan tuntutan waktu secara proporsional


Jumlah Nilai Aspek

Nilai RPP (R)

                                                                             

Malang, 20 Desember 2014
                                                                                    Guru Pamong,




Rini Dwi Susiwi, S.Pd
NIP. 19610803 198203 2 008



                                                                       

F-06b
 
INSTRUMEN PENILAIAN UJIAN
PROGRAM Praktek keguruan (ppk)
Ikip budi utomo malang
 (Skala Nilai  0–4)

NAMA MAHASISWA           : LAZARUS
N P M                              : 2111000220077
JURUSAN/PROG. STUDI     : PENDIDIKAN BIOLOGI

No
PENAMPILAN MENGAJAR
NILAI
1
Kemampuan Membuka Pelajaran
a.   Menarik perhatian siswa
b.   Memotivasi siswa berkaitan dengan materi yang akan diajarkan
c.   Membuat kaitan materi ajar sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
d.   Memberi acuan materi ajar yang akan diajarkan

2
Sikap Praktikan dalam Proses Pembelajaran
a.   Kejelasan suara dalam komunikasi dengan siswa
b.   Tidak melakukan gerakan dan/atau ungkapan yang mengganggu perhatian
c.   Antusiasme mimik dalam penampilan
d.   Mobilitas posisi tempat dalam kelas/ruang praktik

3
Penguasaan Materi Pembelajaran
a.   Kejelasan memposisikan materi ajar yang disampaikan dengan materi lainnya yang terkait
b.   Kejelasan menerangkan berdasarkan tuntutan aspek kompetensi (kognitif, psikomotor, afektif)
c.   Kejelasan dalam memberikan contoh/ilustrasi sesuai dengan tuntutan aspek kompetensi
d.   Mencerminkan penguasaan materi ajar secara proporsional

4
Implementasi Langkah-langkah Pembelajaran (Skenario)
a.   Penyajian materi ajar sesuai dengan langkah-langkah yang tertuang dalam RPP
b.   Proses pembelajaran mencerminkan komunikasi guru-siswa, dengan berpusat pada siswa
c.   Antusias dalam menanggapi dan menggunakan respons dari siswa
d.   Cermat dalam memanfaatkan waktu, sesuai dengan alokasi yang direncanakan

5
Penggunaan Media Pembelajaran
a.   Memperhatikan prinsip penggunaan jenis media
b.   Tepat saat penggunaan
c.   Terampil dalam mengoperasikan
d.   Membantu kelancaran proses pembelajaran

6
Evaluasi
a.   Melakukan evaluasi berdasarkan tuntutan aspek kompetensi
b.   Melakukan evaluasi sesuai dengan butir soal yang telah direncanakan dalam RPP
c.   Melakukan evaluasi sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
d.   Melakukan evaluasi sesuai dengan bentuk dan jenis yang dirancang

7
Kemampuan Menutup Pelajaran
a.   Meninjau kembali/menyimpulkan materi kompetensi yang diajarkan
b.   Memberi kesempatan bertanya
c.   Menugaskan kegiatan ko-kurikuler
d.   Menginformasikan materi ajar berikutnya


Jumlah Nilai Aspek

Nilai Penampilan (T)

                                                                 


NU = 2R + 3T
                5                                                                                                                                                



F-07
 
BERITA ACARA UJIAN
PROGRAM PRAKTEK KEGURUAN (PPK)
Ikip budi utomo malang

Nama Mahasiswa                  : LAZARUS                 
N P M                                      : 2111000220077
Jurusan/Program Studi          : PENDIDIKN BIOLOGI                     
Tanggal Ujian                         : 20 DESEMBER 2014

A.   Nilai Profil Selama Kegiatan Latihan
No
Aspek yang Dinilai
Nilai
(N)
Bobot
(B)
N x B
1
2
3
4
RPP (nilai terakhir dari Guru Pamong) è  (F.01)
Penampilan (nilai terakhir dari Guru Pamong) è (F.02)
Sosial Pribadi  è  (F.03)
Tugas Kependidikan di Luar Mengajar  è  (F.04)
..........
...........
..........
..........
3
4
2
1
.........
.........
.........
.........

                           ∑ ( N x B )
Nilai Profil      ▬▬▬▬▬    .............. (P)
                                  10

B.     Nilai Laporan Individual è  (F.05) .................. (L)
C.    Nilai Ujian
No
Penguji
Nama/NIP/NIS
Nilai
Tanda Tangan
1
Guru Pamong



2
Dosen Pembimbing



3
Kepala Sekolah/Koord. GP



4




                         
                                     ∑ Nilai
          Nilai Ujian  =   ──────  =  ......................        (U)
                                      ∑  Penguji    


                                                 {5 (P) + 2 (L) + 3 (U)}
D.    Nilai Akhir (NA) PLP  =   ──────────────  = ................
       10

                                                                        Malang, 20 Desember 2014
                                                                        Kepala SMPN 13 Malang




                                                                        H. Mokhamad Syaroni, S.Pd., M.KPd                                                                                   NIP. 19651212 198903 1 010







INSTRUMEN PENILAIAN
Program praktek keguruan (ppk)
                
Untuk menggunakan instrumen penilaian PPK perlu diperhatikan hal-hal berikut.
A.     Instrumen penilaian PPK terdiri atas 4 (empat) bagian, yaitu:
1.      Instrumen penilaian kegiatan pembelajaran, terdiri atas (a) Instrumen penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan (b) Instrumen penilaian kegiatan penampilan mengajar;
2.      Instrumen penilaian sosial pribadi;
3.      Instrumen penilaian kegiatan tugas selain mengajar (tugas kependidikan);
4.      Instrumen penilaian laporan individual PPK.
B.      Instrumen penilaian kegiatan pembelajaran untuk masing-masing aspek dilengkapi dengan 4 (empat) deskriptor setara (a, b, c, d). Skala penilaian untuk setiap aspeknya ditentukan oleh banyaknya deskriptor yang muncul/tampak. Tugas penilai adalah memperhatikan banyaknya deskriptor yang tampak, kemudian menentukan skala penilaian (0–4) dan selanjutnya diterakan pada ”kolom nilai”, yang tersedia sesuai dengan kelompoknya, yakni RPP dan PENAMPILAN.
§  Untuk kelompok RPP terdapat 6 (enam) aspek yang dinilai. Skala nilai yang tampak dari setiap aspeknya kemudian dijumlahkan, dan selanjutnya dibagi dengan jumlah aspek, yakni 6 (enam).
§  Untuk kelompok PENAMPILAN terdapat 7 (tujuh) aspek yang dinilai. Skala nilai yang tampak dari setiap aspek kemudian dijumlahkan, dan selanjutnya dibagi dengan jumlah aspek, yakni 7 (tujuh).
C.     Ketetapan penilaian untuk setiap aspek dari setiap kelompok, mengacu kepada deskriptor yang tampak. Ketentuan penetapan nilai skor untuk setiap aspeknya adalah sebagai kerikut.
§  Nilai  4,  jika semua deskriptor (empat deskriptor) tampak;
§  Nilai  3,  jika hanya tiga deskriptor yang tampak;
§  Nilai  2,  jika hanya  dua deskriptor yang tampak;
§  Nilai  1,  jika hanya satu deskriptor yang tampak;
§  Nilai  0,  jika tidak  ada  deskriptor yang tampak.
Catatan
Penilai  dapat mencantumkan nilai berupa desimal jika kemunculan deskriptor dinilai tidak tampak secara sempurna.
D.     Instrumen penilaian sosial pribadi, kegiatan tugas kependidikan diluar mengajar, dan laporan individual PPK tidak dilengkapi dengan deskriptor. Oleh karena itu, pemberian nilai diserahkan sepenuhnya kepada hasil pengamatan masing-masing penilai.
E.      Untuk lebih memberikan gambaran kepada penilai dalam menetapkan nilai    dari setiap aspek berkaitan dengan banyaknya ”deskriptor” yang tampak, perlu disimak deskriptor untuk setiap aspek dari kelompok RPP dan PENAMPILAN dan contoh pelaksanaan penilaian, seperti tertera di bawah ini.

N0
DESKRIPTOR  RPP
1
Rumusan Tujuan Pembelajaran (Umum)
a.      Rumusan tujuan menggambarkan pencapaian standar kompetensi/kompetensi dasar
b.      Rumusan tujuan menggambarkan pencapaian aspek kognitif
c.       Rumusan tujuan menggambarkan pencapaian aspek afektif
d.      Rumusan tujuan menggambarkan pencapaian aspek psikomotor


2
Penjabaran Indikator (Kriteria Kinerja) 
a.  Indikator dirumuskan berdasarkan aspek kompetensi (kognitif, psikomotor, afektif)
b.  Indikator dirumuskan menggunakan kata operasional (dapat diukur berupa hasil)
c.   Indikator dirumuskan menggambarkan pencapaian sasaran aspek kompetensi
d.  Indikator dirumuskan relevan dengan sasaran standar kompetensi


3
Materi  Pembelajaran
a.   Materi ajar disusun mengacu kepada indikator
b.   Materi ajar disusun secara sistematis
c.    Materi ajar disusun sesuai dengan pencapaian standar kompetensi
d.   Materi ajar dirancang proporsional untuk satu  standar kompetensi/kompetensi dasar


4
Langkah-langkah Pembelajaran (Skenario)
a.    Skenario disusun untuk setiap indikator
b.    Skenario disusun mencerminkan komunikasi guru-siswa yang berorientasi berpusat pada siswa
c.     Skenario disusun menyiratkan dan atau menyuratkan penerapan metode dan media pembelajaran
d.    Skenario disusun berdasarkan alokasi waktu yang proporsional


5
Media Pembelajaran
a.    Media disesuaikan dengan tuntutan standar kompetensi
b.    Media disesuaikan relevan dengan sasaran indikator
c.     Media disesuaikan dengan kondisi kelas
d.    Media disiapkan untuk mendukung perkembangan potensi siswa


6
Evaluasi
a.    Mencantumkan bentuk dan jenis evaluasi
b.    Butir soal relevan dengan indikator
c.     Butir soal menggambarkan tuntutan standar kompetensi
d.    Butir soal sesuai dengan tuntutan waktu secara proporsional
     
N0
DESKRIPTOR PENAMPILAN MENGAJAR

1
Kemampuan Membuka Pelajaran
a.    Menarik perhatian siswa
b.    Memotivasi siswa berkaitan dengan materi yang akan diajarkan
c.    Membuat kaitan materi ajar sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
d.    Memberi acuan materi ajar yang akan diajarkan

2
Sikap Praktikan dalam Proses Pembelajaran
a.    Kejelasan suara dalam komunikasi dengan siswa
b.    Tidak melakukan gerakan dan/atau ungkapan yang mengganggu perhatian siswa
c.    Antusiasme mimik dalam penampilan
d.    Mobilitas posisi tempat dalam kelas/ruang praktik

3
Penguasaan Materi Pembelajaran
a.    Kejelasan memposisikan materi ajar yang disampaikan dengan materi lainnya yang terkait
b.    Kejelasan menerangkan berdasarkan tuntutan aspek kompetensi (kognitif, psikomotor, afektif)
c.    Kejelasan dalam memberikan contoh/ilustrasi sesuai dengan tuntutan aspek kompetensi
d.    Mencerminkan penguasaan materi ajar secara proporsional

4
Implementasi Langkah-langkah Pembelajaran (Skenario) 
a.   Penyajian materi ajar sesuai dengan langkah-langkah yang tertuang dalam RPP
b.   Proses pembelajaran mencerminkan komunikasi guru-siswa, dengan berpusat pada siswa
c.   Antusias dalam menanggapi dan menggunakan respons dari siswa
d.   Cermat dalam memanfaatkan waktu, sesuai dengan alokasi yang direncanakan

5
Penggunaan Media Pembelajaran
a.    Memperhatikan prinsip penggunaan jenis media
b.    Tepat saat penggunaan
c.    Terampil dalam mengoperasionalkan
d.    Membantu kelancaran proses pembelajaran

6
Evaluasi
a.    Melakukan evaluasi berdasarkan tuntutan aspek kompetensi
b.    Melakukan evaluasi sesuai dengan butir soal yang telah direncanakan dalam RPP
c.    Melakukan evaluasi sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
d.    Melakukan evaluasi sesuai dengan bentuk dan jenis yang dirancang

7
Kemampuan Menutup Pelajaran
a.    Meninjau kembali/menyimpulkan materi kompetensi yang diajarkan
b.    Memberi kesempatan bertanya
c.    Menugaskan kegiatan ko-kurikuler
d.    Menginformasikan materi ajar berikutnya
                                                     

CONTOH PELAKSANAAN PENILAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN


1.   Penilaian RPP (lihat deskriptor RPP)

§  Jika pada aspek rumusan pembelajaran (umum) ada 3 (tiga) deskriptor yang tampak, maka mendapat nilai  3.
§  Jika pada aspek penjabaran indikator (kriteria kinerja) ada 2 (dua) deskriptor yang tampak, maka mendapat nilai  2.
§  Jika pada aspek materi pembelajaran ada 3 (tiga) deskriptor yang tampak, maka mendapat nilai  3.
§  Jika pada aspek  langkah-langlah pembelajaran (skenario) ada 3 (tiga) deskriptor yang tampak, maka mendapat nilai  3.
§  Jika pada aspek penjabaran indikator media pembelajaran ada 2 (dua) deskriptor yang tampak, maka mendapat nilai  3.
§  Jika pada aspek evaluasi ada 4 (empat) deskriptor yang tampak, maka mendapat nilai  4.

     3+2+3+3+2+4
Jadi, nilai RPP  =  ─────────  =  2,83
                                            6
         
2.   Penilaian PENAMPILAN (lihat deskriptor PENAMPILAN)

§  Jika pada aspek kemampuan membuka pelajaran ada 3 (tiga) deskriptor yang tampak, maka mendapat nilai  3.
§  Jika pada aspek sikap praktikan dalam proses pembelajaran ada 4 (empat) deskriptor yang tampak, maka mendapat nilai  4.
§  Jika pada aspek penguasaan materi ada 3 (tiga) deskriptor yang tampak, maka mendapat nilai  3.
§  Jika pada aspek implementasi langkah-langkah pembelajaran (skenario) ada 2 (dua) deskriptor yang tampak, maka mendapat nilai  2.
§  Jika pada aspek penggunaan media pembelajaran ada 1 (satu) deskriptor yang tampak, maka mendapat nilai  3.
§  Jika pada aspek evaluasi ada 2 (dua) deskriptor yang tampak, maka mendapat nilai  2.
§  Jika pada aspek kemampuan menutup pelajaran ada 2 (dua) deskriptor yang tampak, maka mendapat nilai  2.

                3+4+3+2+1+2+2
Jadi, nilai penampilan mengajar  =    ───────────   =  2,43
                                                                  7  




















Rekap nilai akhir
Program praktek keguruan (ppk)
Semester genap 2014/2015
Ikip budi utomo malang

no
nama mahasiswa
jurusan
Nilai
P
L
U

1
LAZARUS
PEND. BIOLOGI




2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17







Keterangan
P          Nilai Praktek                                                   malang, 20 Desember 2014
L          Nilai Laporan                                                 Kepala SMPN 13 Malang
U         Nilai Ujian



                                                                                    H. Mokhamad Syaroni, S.Pd., M.KPd
                                                                                    NIP. 19651212 198903 1 010
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMANFAATAN BUAH TENGKAWANG DI DESA SAHAN DUSUN MELAYANG

Desa sahan merupakan salah satu diantara 122 desa yang ada di kabupaten Bengkayang. Desa sahan dikenal dengan kayanya potensi wisata al...