LAPORAN PMBP
JENIS PENGABDIAN :
Bimbingan Belajar Semua Mata Pelajaran
Penyuluan Narkoba
Pelatihan Paduan Suara
Oleh
:
Ketua
: Lazarus
Anggota 1. Hubertina
Irena T ( 211100022xxx)
2. Lazarus ( 2111000220077)
3. Martinus Djari ( 211100022xxxx)
4. Iin Faiqotul Himmah (21110002200xx)
PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA
MASYARAKAT
IKIB BUDI UTOMO MALANG
TAHUN 2014
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan PMBP
oleh kelompok di SMP Negeri
13 Malang, ini telah disahkan
untuk dilaporkan pada tanggal 20 Desember
2014
Malang, 20 Desember 2014
Kepala P2M
Drs. Adi Sucipto, M.Kes
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pengabdian Pada Masyarakat Berbasis
Kompetensi (PMBP) adalah salah satu dari tiga unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu
pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, kegiatan ini lebih
mengutamakan kepada aktivitas nyata yang dilakukan oleh mahasiswa, sehingga
keberadaannya di tengah masyarakat dapat memberikan manfaat, khususnya warga
masyarakat maupun lembaga
pendidikan yang berada di
lokasi PMBP.
Tujuan
utama Pengabdian Pada Masyarakat Berbasis Kompetensi (PMBP) adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa "Personality Development´, adapun
salah satu unsur penunjang untuk mewujudkannya adalah pengembangan segi
persepsi, kognisi dan sikap mahasiswa terhadap masyarakat (lingkungannya)
selain itu, tujuan Pengabdian Pada Masyarakat Berbasis Kompetensi (PMBP) adalah
mendekatkan lembaga pendidikan dengan masyarakat, sehingga perguruan tinggi dapat
membantu pemerintah dalam mempercepat gerak pembangunan dan mempersiapkan
kader-kader pelaku pembangunan yang berkualitas.
Sasaran
kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Berbasis Kompetensi (PMBP) ini adalah salah satu Lembaga Pendidikan Swasta di
suatu daerah pedesaan Pujon dan lembaga tersebut ialah SMP ISLAM 01 PUJON . Sehingga diperlukan program/kegiatan
yang terkait dengan lembaga
tersebut baik secara langsung
maupun tidak langsung. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan sumberdaya siswa kelas 7 dan 8 SMP ISLAM 01 PUJON secara simultan dan sinergis.
Untuk
mewujudkan hal tersebut, maka para mahasiswa peserta Pengabdian Pada Masyarakat
Berbasis Kompetensi (PMBP)
IKIB BUDI UTOMO MALANG akan melaksanakan
beberapa program kerja yang dipandang sesuai dan bermanfaat bagi siswa kelas 7 dan 8 SMP ISLAM 01 PUJON di dusun Krajan desa Ngroto kecamatan Pujon kabupaten Malang.
B. Permasalahan
Dengan adanya latar belakang di atas,telah ditemukan beberapa permasalahan
yang timbul di SMP Islam 01 Pujon
diantaranya:
a. Adanya nilai Bahasa Inggris yang belum
mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) di kelas VII dan VIII
b. Kurangnya minat belajar Bahasa Inggris
khususnya dalam speaking
c. Adanya perilaku menyimpang yang terjadi di
SMP Islam 01 Pujon.diantara penyimpangan yang terjadi pada siswa kelas VII dan
VIII
1. Adanya perkelahian antar siswa
2. Ramai saat pelajaran di kelas
3. Selalu keluar masuk saat pelajaran di
kelas
4. Kurangnya kesadaran untuk sholat berjamaah
5. Gaya hidup yang sedikit glamor
6. Ketertarikan siswa terhadap seni budaya”Banteng”
C.
Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai dengan adanya Bimbel,Kursus Speaking dan Penyuluhan adalah :
1.
Bimbel
Tujuan diadakannya Bimbel
diharapkan dapat meningkatkan belajar
siswa serta dapat meningkatkan nilai siswa sesuai dengan KKM
2.
Kursus
Speaking
Tujuan diadakannya Kursus
Speaking diharapkan agar siswa dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan dalam
berbicara bahasa inggris
3. Penyuluhan
Tujuan diadakannya penyuluhan
adalah diharapkan siswa SMP 01 Pujon dapat mengurangi prosentase
perkelahian antar pelajar,keramaian ,ketertarikan terhadap seni budaya
“Banteng” dan mampu membentuk pribadi diri yang baik serta membangun kesadaran
siswa akan pentingnya beribadah kepada
Alloh SWT.
D.
Manfaat
Bimbel , Kursus Speaking dan penyuluhan akan
memberikan manfaat dalam hal :
1)
Menyediakan sumber – sumber belajar ataupun narasumber
yang professional dan kompeten dibidangnya.
2)
Memberikan pilihan cara belajar yang efektif, efisien
dan interaktif.
3)
Memberikan tips dan trick (cara sederhana) dalam memecahkan
soal – soal ujian nasional.
4)
Memberikan
tips dan trick cara berbicara bahasa inggris dengan pronounciation dengan baik
dan benar
5)
Meningkatkan
kemampuan bahasa inggris dengan baik
6)
Siswa dapat
termotivasi dengan adanya kursus Speaking yang menarik
7)
Siswa merasa
percaya diri saat berbicara bahasa inggris
8)
Siswa dapat
mempunyai karakter yang baik dan beraakhlak
E. Sasaran
Sasaran kegiatan PMBP ini
diimplementasikan pada SMP 01 Islam di kecamatan Pujon kabupaten Malang khususnya pada kelas V11 dan VIII.
BAB II
PELAKSANAAN
A. Identifikasi Kemampuan Awal Siswa
Dari hasil identifikasi kemampuan awal siswa, maka
dapat kita buat sebuah kesimpulan yang berupa data kegiatan identifikasi
kemampuan awal siswa sebagai berikut :
Jenis kegiatan PMBP yang
akan dilaksanakan
|
Jumlah siswa yang perlu dibantu dalam
mata pelajaran
|
||||
BIMBEL
|
KURSUS
|
PENYULUHAN
|
|||
BIMBEL
BAHASA INGGRIS
|
KURSUS
BERBICARA BAHASA INGGRIS
|
PENYULUHAN
(Tindakan Perilaku Menyimpang)
|
50 Siswa
|
23 Siswa
|
32 Siswa
|
B. Pemetaan Bahan Ajar dan Kegiatan Penyuluhan
Bahan ajar yang akan
diajarkan pada bimbingan belajar dan
kegiatan penyuluhan adalah :
Kelas
|
Bimbel
Bahasa Inggris
|
Kursus
Berbicara Bahasa Inggris
|
Penyuluhan
|
7
|
&
Kind
of Text
@
Descriptive
text
&
Short
Functional Text
@
Introduction
&
Grammar
@
Simple
Present
|
Pronounciation
Introduction
Short Daily Conversation
Games
EMemorizing Vocab.
ERepetation time
EGuest a Thing
|
Pemateri : Peserta
PMBP
Peserta : Siswa
SMP ISLAM 01 Pujon dari kelas 7 & 8
Tema : Mengurangi
Tindakan / Perilaku Menyimpang pada Remaja SMP ISLAM 01 Pujon pada Era
Globalisasi saat ini.
|
8
|
&
Kind
of Text
@
Recount
dan Narrative text
&
Short
Functional Text
@
Greeting
Card
&
Grammar
@
Simple
Past
|
C. Pelaksanaan Bimbel
Pelaksanaan Bimbel dan Kursus Berbicara Bahasa Inggris serta Penyuluhan dimulai tanggal
22 Oktober 2013 s/d tanggal 10 Desember 2013 di SMP ISLAM 01 PUJON Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.
Dengan
rincian sebagai berikut :
Pelaksanaan
|
Bimbel Bahasa Inggris
|
Kursus Bahasa Inggris
|
Penyuluhan
|
Keterangan
|
|
|
|
|
Kegiatan Bimbel dan Khursus dilaksanakan
setiap hari Selasa, Rabu dan Sabtu
|
Oktober ‘13
|
22, 23, 29, 30
|
26
|
|
|
Nopember ‘13
|
6, 7, 12, 13, 19, 20, 26, 27
|
2, 9, 16, 23, 30
|
|
|
Desember ‘13
|
3, 4, 10, 11
|
7
|
14
|
@ Jadwal Pelaksanaan Bimbel Bahasa inggris
lebih terperinci sebagai berikut :
No
|
Tanggal
|
Kegiatan / Materi
|
Kegiatan / Materi
|
|
|
7
|
8
|
1
|
22/10/13
|
Perkenalan
|
Perkenalan
|
2
|
23/10/13
|
&
Kind
of Text
@
Descriptive
text
|
&
Kind
of Text
@ Recount dan Narrative text
|
3
|
29/10/13
|
||
4
|
30/10/13
|
||
5
|
06/11/13
|
||
6
|
07/11/13
|
&
Short
Functional Text
@
Introduction
|
|
7
|
12/11/13
|
||
8
|
13/11/13
|
|
|
9
|
19/11/13
|
&
Short
Functional Text
@
Greeting
Card
|
|
10
|
20/11/13
|
&
Grammar
Simple Present
|
|
11
|
26/11/13
|
||
12
|
27/11/13
|
&
Grammar
Simple Past
|
|
13
|
01/12/13
|
||
14
|
04/12/13
|
||
15
|
10/12/13
|
||
16
|
11/12/13
|
@ Jadwal Pelaksanaan Khursus Berbicara
Bahasa inggris lebih terperinci sebagai berikut :
No
|
Tanggal
|
Kegiatan / Materi
|
Kegiatan / Materi
|
|
|
7
|
8
|
1
|
26/10/13
|
Perkenalan
|
Perkenalan
|
2
|
02/11/13
|
Pronounciation
|
|
3
|
09/11/13
|
Introduction
|
|
4
|
16/11/13
|
Short Daily Conversation
|
|
5
|
23/11/13
|
||
6
|
30/11/13
|
Games
EMemorizing Vocab.
ERepetation time
EGuest a Thing
Excercising to know speaking ability of the students
|
|
7
|
07/12/13
|
@ Jadwal Pelaksanaan Penyuluhan lebih terperinci
sebagai berikut :
No
|
Tanggal
|
Kegiatan / Materi
|
Kegiatan / Materi
|
1
|
14/12/13
|
Penyuluhan
|
D. Hasil Bimbel
Tabel 1 Hasil Perhitungan Pretest
dan Posttest Bimbingan Belajar Bahasa Inggris kelas 7 di SMP ISLAM 01 Pujon di Desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang
Bagan Penilaian Sub Topik : Grammar – Simple Present
No
|
NAMA
|
PRE-TEST
|
POST-TEST
|
PENINGKATAN
|
KETERANGAN
|
1
|
ADI IRFANSYAH
|
65
|
80
|
15
|
Average
|
2
|
ADI FITRIANTO
|
75
|
90
|
15
|
Average
|
3
|
AGUSTIYAN DWI PRIYANTO
|
70
|
100
|
30
|
Excellent
|
4
|
EKA WIJAYANTI
|
85
|
100
|
15
|
Average
|
5
|
HANIFA HA'QI USWAYANTI
|
70
|
90
|
20
|
Good
|
6
|
LAILATUL MAGHFIROH
|
65
|
80
|
15
|
Average
|
7
|
M. NUR AZIZ
|
70
|
85
|
15
|
Average
|
8
|
MELIYA SURYA NINGSIH
|
65
|
80
|
15
|
Average
|
9
|
NOVITA PERMATASARI
|
80
|
100
|
20
|
Good
|
10
|
RIKI INDRA LESMANA
|
65
|
85
|
20
|
Good
|
11
|
SHERLY YOSICA MARLITHA DWI
|
70
|
90
|
20
|
Good
|
12
|
SINTA APRILLIA
|
75
|
95
|
20
|
Good
|
13
|
VICKY NOVIA ANGGRAENI
|
70
|
100
|
30
|
Excellent
|
14
|
YUNIA SETYONINGTYAS
|
65
|
85
|
20
|
Good
|
15
|
AINUN CHOLIA
|
75
|
100
|
25
|
Excellent
|
16
|
MUHAMMAD CHOIRUL AMIN
|
65
|
80
|
15
|
Average
|
17
|
CHOIRUONI ZAIN AL HAMDI
|
65
|
85
|
20
|
Good
|
18
|
DIAS NOVI A
|
80
|
100
|
20
|
Good
|
19
|
JOVI RAJU ADITYA
|
60
|
80
|
20
|
Good
|
20
|
M. AHSANUDIN
|
65
|
85
|
20
|
Good
|
21
|
M. HABIBUR ROMZI
|
75
|
100
|
25
|
Excellent
|
22
|
RIZKY BERLIANTO
|
80
|
100
|
20
|
Good
|
23
|
ROBI PRATAMA
|
75
|
90
|
15
|
Average
|
24
|
TRI ANGGRAINI
|
65
|
80
|
15
|
Average
|
25
|
YULITA MASRIFA
|
65
|
85
|
20
|
Good
|
Tabel 1.1 Distribusi Nilai
dan Persentase Hasil Pretest dan
Posttest Bimbingan Belajar Bahasa Inggris di SMP ISLAM 01 Pujon di Desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang
Nilai Pretest
|
Jumlah
Pre-test
|
Jumlah Post - test
|
%
Pre-test
|
%
Post-test
|
10 – 60
|
0
|
0
|
0
|
0
|
61 – 70
|
16
|
0
|
64
|
0
|
71 – 80
|
8
|
6
|
32
|
24
|
81 – 90
|
1
|
10
|
4
|
40
|
91 – 100
|
0
|
9
|
0
|
36
|
|
|
|
|
|
Total
|
25
|
25
|
100 %
|
100 %
|
Tabel 2 Hasil
Perhitungan Pretest dan Posttest Bimbingan Belajar Bahasa Inggris kelas
8 di SMP ISLAM 01 Pujon di Desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang
Bagan Penilaian Sub Topik : Grammar – Past Tense
No
|
NAMA
|
PRE-TEST
|
POST-TEST
|
PENINGKATAN
|
KETERANGAN
|
1
|
AGUS SETYAWAN
|
65
|
80
|
15
|
Average
|
2
|
DWI SAFITRI
|
65
|
90
|
25
|
Excellent
|
3
|
ENGGAR MARDIONO
|
70
|
100
|
30
|
Excellent
|
4
|
FADIYAN LAILATUL K.
|
65
|
80
|
15
|
Average
|
5
|
FEBRI HARTI NINGRUM P.
|
70
|
90
|
20
|
Good
|
6
|
FEBRIKA CANDRA AFIKA S.
|
65
|
85
|
20
|
Good
|
7
|
FIFI AYU ARISKA
|
70
|
90
|
20
|
Good
|
8
|
ISMI RODIYAH
|
65
|
80
|
15
|
Average
|
9
|
M. RIZKI DZUL FAHMI
|
70
|
100
|
30
|
Excellent
|
10
|
TASYA SANA SAFIKA
|
65
|
90
|
25
|
Excellent
|
11
|
WAHYU SISWANDI
|
70
|
90
|
20
|
Good
|
12
|
ARGA AFID RIFKIANDI
|
70
|
95
|
25
|
Excellent
|
13
|
AULIA AROFATUL ISLAMI
|
70
|
100
|
30
|
Excellent
|
14
|
DESI WELASIH
|
65
|
90
|
25
|
Excellent
|
15
|
INDAH APRILLIA
|
70
|
100
|
30
|
Excellent
|
16
|
ISMI CHUSNIA
|
65
|
80
|
15
|
Average
|
17
|
LELY FITRIANA
|
65
|
85
|
20
|
Good
|
18
|
PUJIANTO
|
65
|
85
|
20
|
Good
|
19
|
RISKA BINTI NUR AFNIA
|
60
|
80
|
20
|
Good
|
20
|
RUDI HARTONO
|
60
|
85
|
25
|
Excellent
|
21
|
CLARISA TIFANI OKTA W.
|
75
|
100
|
25
|
Excellent
|
22
|
FITRI ANDRIANA
|
75
|
100
|
25
|
Excellent
|
23
|
LITA RAHMA SARI
|
70
|
90
|
20
|
Good
|
24
|
TRI WAHYU SULISTYA NINGTYAS
|
70
|
100
|
30
|
Excellent
|
25
|
YULI WULANDARI
|
65
|
85
|
20
|
Good
|
Tabel 2.1 Distribusi Nilai
dan Persentase Hasil Pretest dan
Posttest Bimbingan Belajar Bahasa Inggris di SMP ISLAM 01 Pujon di Desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang
Nilai Pretest
|
Jumlah
Pre-test
|
Jumlah Post - test
|
%
Pre-test
|
%
Post-test
|
10 – 60
|
0
|
0
|
0
|
0
|
61 – 70
|
23
|
0
|
92
|
0
|
71 – 80
|
2
|
5
|
8
|
20
|
81 – 90
|
0
|
12
|
0
|
48
|
91 – 100
|
0
|
8
|
0
|
32
|
Total
|
25
|
25
|
100 %
|
100 %
|
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Setelah semua tahap kegiatan PMBP
dilakukan, mulai dari pembuatan rencana kegiatan, kemudian pengkajian teori isi,
penyusunan jadwal kegiatan dengan uji coba dan penyempurnaan jadwal pelaksanaan,
sampai dengan pengumpulan data, pengolahan dan analisis data.
Secara umum penelitian ini telah sesuai dengan
tujuan yang diharapkan yaitu Menyediakan sumber – sumber belajar ataupun
narasumber yang professional dan kompeten dibidangnya, memberikan pilihan cara
belajar yang efektif, efisien dan interaktif, Memberikan tips dan trick (cara
sederhana) dalam memecahkan soal – soal ujian nasional, Memberikan tips dan trick cara berbicara bahasa
inggris dengan pronounciation dengan baik dan benar, Meningkatkan kemampuan bahasa inggris dengan baik,
Siswa dapat termotivasi dengan
adanya kursus Speaking yang menarik, Siswa merasa percaya diri saat berbicara bahasa inggris dan siswa dapat mempunyai karakter yang baik,
beraakhlak serta berbudi
pekerti luhur.
Disisi lain, Laporan kegiatan PMBP oleh Mahasiswa Non Reg – 2010 IKIB BUDI
UTOMO – MALANG dapat dikemukakan sebagai
berikut :
1. Kegiatan
terlaksana sesuai dengan tujuan dan rencana
2. Kegiatan
ini mendapat sambutan yang baik dari para guru SMP ISLAM 01 Pujon
3. Kegiatan
ini memberikan wacana baru bagi para guru Baasa Inggris untuk membimbing
mahasiswa calon guru, khususnya mahasiswa dari IKIB BUDI UTOMO – MALANG agar
calon guru dapat memenuhi 4 kompetensi yaitu kompetensi kompetensi paedagogik,
kempetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.
4. Para
guru akan selalu membimbing mahasiswa PPL periode mendatang dengan pendekatan
supervisi klinis.
B.
Rekomendasi
1. Kegiatan semacam ini hendaknya dapat
dilanjutkan dan disebarluaskan kepada sekolah-sekolah yang lain/seluruh sekolah
maupun mitra IKIB BUDI UTOMO – MAlANG baik di pedesaan maupun perkotaan daerah
Malang dan sekitarnya.
2. Hasil kegiatan masih perlu dikembangkan
untuk para dosen pembimbing PMBP, agar kerjasamanya dengan guru pamong lebih
meningkat.
DAFTAR
RUJUKAN
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar